Kebiasaan yang membuat Kulit Keriput



Seiring berjalannya waktu,  penuaan merupakan proses alami yang tidak dapat dihindari dari siklus kehidupan.  Tetapi, Anda tentu tidak ingin mengalami penuaan lebih cepat dari yang seharusnya, salah satunya adalah munculnya keriput pada kulit yang merupakan tanda kulit kehilangan elastisitasnya.

Menjaga kulit agar tidak cepat keriput sebelum waktunya tidak hanya bagaimana terlihat lebih muda, namun juga menjaga kulit agar tetap terawat. Selain itu, Anda juga perlu menjalani gaya hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi.

Meski demikian, ada enam kebiasaan yang perlu Anda perhatikan karena tanpa disadari justru malah berpotensi membuat kulit lebih cepat berkeriput. Apa saja enam hal yang dimaksud?

1. Mengonsumsi makanan manis


Mengonsumsi makanan yang terlewat manis dan makanan yang mengandung indeks glisemik tinggi dapat membuat Anda terlihat lebih tua. Sebab, molekul-molekul gula dapat terikat pada protein di kulit dan menyebabkannya terdeformasi. Akibatnya, kulit menjadi lbih cepat keriput.

2. Menarik kulit saat merias wajah

Anda kerap menarik kulit wajah Anda saat mengaplikasikan riasan, seperti ketika mengaplikasikan maskara atau eyeliner. Namun, kebiasaan ini dapat menyebabkan keriput dan kulit menjadi turun ke arah bawah. Ketimbang menarik kulit, arahkan wajah ke arah berbeda saat merias dan hindari menarik kulit.

3. Posisi tidur

Tidur dengan posisi tengkurap atau wajah menempel pada bantal dapat menimbulkan garis-garis pada kulit. Garis-garis ini adalah garis demarkasi yang terlihat pada wajah seusai tidur. Hindari cara tidur ini dengan berbaring terlentang. Alhasil akan mengurangi kontak antara wajah dengan bantal.

4. Tidak mengenakan kacamata


Apakah Anda tidak mengenakan kacamata yang telah diresepkan dokter maupun kacamata hitam, kebiasaan tidak mengenakan kacamata ternyata mampu menyebabkan keriput pada wajah. Menyipitkan mata dapat menimbulkan keriput di bagian antara alis dan di sudut mata.

5. Terlalu sering mencuci muka


Terlalu sering mencuci muka dengan rangkaian produk pembersih dapat mengangkat minyak-minyak alami yang penting untuk melembapkan kulit wajah. Kondisi kulit yang kering dapat menyebabkan keriput. Oleh sebab itu, pastikan bersihkan wajah setidaknya dua kali sehari saja.

6. Terlalu sering mengenakan bulu mata palsu

Mengenakan bulu mata palsu akan membuat kelopak mata Anda mengendur. Terlalu sering mengenakan bulu mata palsujuga menyebabkan kelopak mata mengendur dan keriput secara prematur. Solusinya, kenakan bulu mata palsu hanya pada kesempatan tertentu sehingga risiko keriput akan berkurang.
Previous
Next Post »