MOBIL KEI (KEI CAR) Part II

Periode ketiga era 660 cc (1990-Sekarang)
Pada tahun 1990, standard baru dibuat, maksimal kapasitas mesin ditingkatkan menjadi 660 cc dan dimensi body ditingkatkan 100 mm atau 10 cm. Era 660 cc ini memmunculkan beberapa sedan coupe sport roadster seperti Daihatsu Copen dan Suzuki Capucino. 

Daihatsu Copen
Daihatsu Copen mulai diproduksi pada tahun 2002 sampai sekarang. Dimensi Daihatsu Copen, panjang 3,4 m dan lebar 1,48 m. Sedan roadster ini berkapasitas 659 cc yang menghasilkan 63 Hp dan 110 Nm.

Daihatsu Copen 2002 first generation

Daihatsu Copen 2002 first generation
Daihatsu Copen new generation
Kecepatan maksimal yang dapat diraih Copen 167 km/ jam, cukup cepat untuk mobil mungil 660 cc bukan? Sedan ini cukup terkenal, pernah dibahas di program otomotif TV Top Gear yang sangat terkenal.

Suzuki Capucino
Mobil Kei dari Suzuki ini bertipe sport, memiliki kapasitas mesin 357 cc yang dilengkapi dengan turbocharged. Dimensinya cukup kecil dengan panjang 3,295 m dan lebar 1,395 m.
Mesin Suzuki Capucino menghasilkan tenaga 63 Hp. Sedan dua pintu ini mulai diproduksi pada 1991 dan berakhir tahun 1997.

Masih banyak lagi jenis mobil kei di era ini seperti suzuki alto yang ada sampai saat ini, 
Suzuki Alto 660 cc
Mitsubishi juga mengeluarkan model kei car yang bermesin listrik (electric) Mitsubishi i MiEV 660cc.
Kei mitsubishi i_MiEV 660 cc electric



Salah satu yang paling terkenal adalah Suzuki Wagon R, yang pernah menjadi best seller Kei Car di Jepang. Suzuki wagon R ini sangat mirip dengan Suzuki Karimun Wagon yang ada di Indonesia, namun mesin yang diusung berkapasitas 660 cc, sementara di Indonesia Karimun Wagon mengusung mesin 1000 cc.

Suzuki Wagon R

Suzuki Wagon R Stingray






Previous
Next Post »