Tips Menghadapi Interview Kerja untuk Fresh Graduate


Ketika lulus kuliah atau selesai sekolah seseorang yang ingin melamar kerja pasti akan menghadapi interview atau wawancara kerja. Interview kerja biasanya setelah test semacam psikologi ataupun test lain yang bersifat tulisan.

Fresh graduate biasanya bingung atau nervous saat akan menghadapi interview kerja. Karena mereka belum pernah menghadapi interview kerja sebelumnya. Bagi fresh graduated anda tidak perlu kuatir, anda tunjukkan saja bahwa anda mempunyai latar belakang, kemampuan dan pengetahuan yang sesuai dengan posisi yang dilamar.  

Interview kerja pada umumnya bertujuan mencari tahu lebih detail tentang para pelamar kerja atau calon-calon pekerja yang akan direkrut perusahaan. 

Dari Interview kerja, perusahaan ingin mengetahui hal-hal sebagai berikut :

1. Apakah pelamar kerja tersebut benar-benar ingin bekerja di perusahaan tersebut dan mengapa
2. Kualitas dan Sifat dari pelamar kerja tersebut khususnya saat menjawab interview
3. Apakah pelamar tersebut mengetahui bidang pekerjaan yang dilamarnya.
4. Apakah karakter dan kualitas pelamar tersebut cocok dengan pekerjaan yang dilamarnya dan juga dengan perusahaan tersebut.

Baca juga : Tips untuk Fresh Graduated beradaptasi Di Dunia Kerja

Hal yang utama yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi interview kerja adalah :

1. Percaya Diri

Percaya diri adalah hal pertama yang harus dimiliki pelamar kerja saat akan menghadapi interview kerja. Kepercayaan diri yang tinggi akan dilihat perusahaan sebagai hal yang baik dalam menyelesaikan pekerjaan di perusahaan nanti.

2. Penampilan

Penampilan yang baik akan menunjukkan anda adalah orang yang menghargai diri sendiri dan juga perusahaan. Perusahaan akan melihat ini sebagai hal positif bagi perusahaan.

3. Mempersiapkan Jawaban atas Pertanyaan Interview Kerja

Pelamar harus mempersiapkan jawaban pertanyaan yang akan ditanyakan saat interview kerja. Pertanyaan berkisar tentang diri pelamar, maksud dan tujuan pelamar melamar kerja, dan pengetahuan tentang posisi pekerjaan yang dilamar. 

Satu hal yang juga penting yang menjadi pertimbangan perusahaan untuk menerima pelamar adalah pelamar kerja harus juga benar-benar ingin bekerja dan benar-benar tertarik dengan posisi kerja yang dilamar dan juga perusahaan yang dilamar. Hal ini menunjukkan anda akan benar-benar dapat menjadi pekerja yang baik dan berkontribusi bagi perusahaan tersebut.






Previous
Next Post »