Tips untuk Fresh Graduate untuk Beradaptasi dengan Dunia Kerja



Setelah lulus dari universitas, para sarjana "fresh graduate" biasanya akan melamar pekerjaan ke perusahaan. Setelah diterima dan menjadi karywan baru, mereka dihadapkan dengan dunia baru yaitu dunia kerja sebagai fresh graduate. Dalam dunia kerja, biasanya para fresh graduate masih canggung atau masih mencoba beradaptasi dengan pekerjaan mereka dan lingkungan kerja mereka. Mungkin mereka cenderung masih bingung atau nervous di awal-awal kerja mereka.

Para fresh graduate harus belajar untuk mengatasi atau menjalankan tugas-tugas dalam pekerjaan baru mereka. Berikut ini hal-hal lain yang perlu dipelajari sebagai fresh graduate dalam dunia kerja :

Pengendalian Diri

Ketika sarjana telah diterima kerja, maka merke akan mendapatkan tugas sesuai posisi pekerjaan mereka. Tugas baru tersebut mungkin cukup berat apalagi mungkin mendapatkan tugas yang mereka tidak cukup kuasai, mungkin mereka akan merasa tertekan atau panik. Namun ketenangan atau pengendalian diri dibutuhkan untuk menghadapi tugas berat tersebut agar tidak panik. Dengan pengendalian diri, fresh graduate bisa mengatasi tugas-tugas yang berat tersebut.  Pengendalian diri memungkinkan fresh graduate untuk berpikir jernih, mencari tahu cara mengatasi tugas tersebut, dan berkoordinasi atau bertanya kepada atasan atau rekan kerja yang lebih senior. 

Mendengar dan Memperhatikan

Ketika fresh graduate memasuki dunia kerja di suatu perusahaan, kesan pertama penting. Namun jika fresh graduate menunjukkan dengan banyak bicara, cenderung akan terkesan negatif. Mungkin akan terkesan freh graduate itu "sok tahu" atau "cari perhatian" di mata para rekan kerja yang telah lama bekerja di perusahaan tersebut. Lebih baik para fresh graduate banyak bertanya dan mendengar arahan atau petunjuk dari atasan agar mereka dapat melakukan tugas-tugas mereka. Pendelegasian tugas dan penggambaran proses serta sistem kerja harus diketahui dengan baik oleh fresh graduate.
Memperhatikan lingkungan kerja, budaya kerja, dan kondisi kerja di perusahaan tempat bekerja harus dilakukan para fresh graduated. Satu contoh, suatu perusahaan kadang mempunyai budaya berpakaian resmi di setiap hari kerja, kalau anda berpakaian casual akan membuat image anda jelek di mata rekan-rekan kerja dan atasan anda, begitupun sebaliknya. Contoh lain, mungkin perusahaan anda mempunyai budaya karyawan harus aktif memberi masukan untuk kemajuan perusahaan, kerja sama tim yang solid atau budaya tepat waktu yang sangat tinggi, anda sebaiknya mengikutinya.  

Bekerja sama

Budaya kerja sama atau team work adalah hal umum dalam suatu perusahaan. Meskipun jabatan dan jenis tugas sama, namun setiap orang adalah individu berbeda. Oleh karena itu, fresh graduate perlu mempelajari cara bekerja sama dengan orang atau rekan kerja di tempat anda bekerja.  Anda sebaiknya mempelajari cara bekerja sama dengan rekan kerja anda, mungkin rekan kerja anda senang dengan ritme kerja yang cepat, atau sangat teliti, atau tidak suka bercanda saat kerja, serius, to the point, dan sebagainya. Dengan begitu, fresh graduate bisa menyesuaikan diri dengan rekan kerja, namun tidak menghilangkan karakter pribadi sendiri.
Rendah Hati 

Fresh Graduate ataupun karyawan baru perlu menyadari bahwa mereka adalah karyawan baru, orang baru dalam sebuah organisasi atau lingkungan (perusahaan). Maka fresh graduated seharusnya bersikap rendah hati dan juga menghargai karyawan lain dan atasan, jangan bersikap sok tahu atau sombong. Sebaiknya anda bersikap sopan, ramah, dan menghormati rekan kerja maupun atasan. Sapalah rekan kerja atau atasan, misalnya dengan mengucapkan salam selamat pagi saat bertemu pagi hari. Katakan terima kasih untuk setiap bantuan ataupun arahan yang diberikan atasan atau rekan kerja anda. Namun sikap ini seharusnya dijalankan selama anda bekerja di perusahaan itu, bukan hanya saat anda masih karyawan baru.

Disiplin dan Kerja Keras

Saat kuliah, mungkin tidak semua sarjana bekerja keras atau disiplin menjalani masa perkuliahan, mereka bisa datang terlambat dan masuk ke ruang kuliah dengan santai. Namun di dunia kerja, mereka wajib bekerja keras mengikuti ritme kerja perusahaan. Perusahaan biasanya menuntu karyawannya untuk bekerja keras, mencapai target atau tenggat waktu penyelesaian pekerjaan yang ketat. Mereka juga dituntut hadir tepat waktu. Selain itu mereka dituntut menyelesaikan pekerjaan dengan cerdas dan benar, apalagi di bidang akuntansi. Jka di masa kuliah bila melakukan kesalahan saat ujian maka hanya berakibat nilai berkurang. Di dunia kerja ada konsekuensi bila melakukan kesalahan, mulai dari pemotongan gaji untuk yang ringan, mutasi kerja, penurunan level jabatan, atau bahkan pemutusan hubungan kerja.

Sikap-sikap tersebut akan memudahkan anda beradaptasi sebagai karyawan baru ataupun dalam sebuah organisasi tempat anda berada. 
Previous
Next Post »