EFEK BURUK MINUMAN BERSODA BAGI TUBUH


Suka minum minuman bersoda? Sering minum minuman bersoda di rumah, di sekolah atau di acara pesta mungkin, sepertinya segar rasanya ya..tapi tunggu dulu. Minuman bersoda memiliki efek buruk pada tubuh. Selain mengandung banyak gula yang berbahay bagi tubuh bila kebanyakan, minuman bersoda juga kaya zat kimia, seperti zat pewarna makanan dan pengawet. Berikut ini efek samping dari minuman bersoda pada tubuh, seperti dilansir Boldsky.

1. Kerusakan gigi
Minuman soda mengandung asam yang dapat mengikis enamel. Hal itu akan membuat gigi rawan rusak dan menjadi lebih sensitif. Tentu ngga mau gigi kita rusak kan.

2. Kerusakan tulang
Minuman bersoda juga dapat merusak tulang. Asam fosfat yang terkandung dalam minuman bersoda sangat beracun untuk tulang. Hal tersebut bisa menyebabkan tulang menjadi keropos dan akhirnya menimbulkan osteoporosis. 

3. Batu ginjal
Ginjal juga bisa rusak, asam fosfat yang terkandung dalam minuman bersoda juga menyebabkan masalah pada ginjal. Ginjal sulit mengeluarkan asam fosfat dan memicu munculnya batu ginjal. 

4. Kerusakan kulit
Terlalu sering minum minuman bersoda dapat menyebabkan kulit mengendur dan memicu penuaan dini. 

5. Obesitas
Banyak penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi terlalu banyak minuman bersoda bisa menyebabkan obesitas pada anak-anak dan orang dewasa. 

6. Malnutrisi
Minuman bersoda mengandung kafein yang bisa memicu kecanduan. Hal itu bisa membuat seseorang mengalami kekurangan gizi karena dia akan tertarik untuk mengonsumsi lebih banyak minuman bersoda.

Itulah  efek buruk minuman soda pada tubuh. Jika Anda ingin sehat, sebaiknya kurangi atau tidak samsekali konsumsi minuman energi atau bersoda karena itu bisa merusak organ-organ tubuh Anda. 
Previous
Next Post »