Makanan Untuk Mengobati Sembelit



Banyak orang saat ini mengalami sembelit. Hal ini disebabkan banyak hal, di antaranya adalah kurang minum air putih (minimal 8-10 gelas per hari) dan kurang asupan makanan yang dapat membantu melancarkan buang air besar, yaitu yang mengandung banyak serat. Berikut ini adalah makanan-makanan yang bisa melancarkan buang air besar.

1. Buah Sirsak

Buah Sirsak mengandung banyak sekali serat alami yang bagus untuk pencernaan. Serat buah sirsak dapat membantu mengolah makanan agar dapat dicerna dengan baik dan sekaligus melancarkan buang air besar. Buah sirsak juga bisa dibuat jus untuk diminum.

2. Nanas
Nanas juga kaya akan serat dapat membantu mengatur sistem pencernaan sehingga Anda bisa menghindari sembelit.

3. Wortel

Wortel mentah banyak mengandung serat merupakan makanan yang dapat meningkatkan gerakan tinja Anda. Jika Anda ingin mencegah sembelit dengan wortel, pastikan Anda memakannya dalam keadaan mentah karena  wortel yang telah dimasak justru dapat menyebabkan sembelit.

4. Apel
Apel bisa menjadi obat untuk sembelit. Selain kaya vitamin C, apel juga mengandung banyak serat. Satu apel mengandung sekitar 3,3 gram serat.

5. Pepaya
Pepaya merupakan obat pencahar alami bagi Anda yang mengalami sembelit. Buah tinggi serat ini bisa memperlancar pencernaan Anda dan mencegah sembelit.

6. Brokoli
Brokoli merupakan sumber serat yang baik untuk tubuh. Brokoli juga rendah lemak dan kaya nutrisi. Untuk mempertahankan kandungan serat dalam brokoli, jangan memasaknya terlalu lama.


7. Buah pir

Pir dianggap sebagai obat pencahar alami. Buah ini juga dapat meringankan pergerakan tinja ketika melalui usus.

Previous
Next Post »