Makanan Untuk Mencegah Kanker Usus Besar


Sebuah organisasi Colon Cancer Alliance mencanangkan "Dress in Blue Day" pada tanggal 6 Maret besok dengan mengajak masyarakat Amerika memakai baju biru sebagai tanda kepedulian terhadap kanker usus besar. Hal ini menunjukkan betapa memprihatinkannya penyakit kanker usus besar di dunia sekarang ini. 

Kanker usus besar adalah penyebab kematian akibat kanker terbesar pada pria dan wanita. Yang kedua adalah kanker paru-paru. Kanker ini sangat berbahaya dan masih banyak orang yang tak menyadarinya. Namun kanker usus besar masih bisa dicegah, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat. 

Berikut adalah beberapa makanan yang bisa mencegah kanker usus besar, seperti dilansir oleh Medical Daily (04/03).

1. Alpukat
Alpukat mengandung banyak serat yang penting karena serat bisa diproses dengan sangat mudah pada usus dan bisa menurunkan risiko munculnya polip yang bersifat kanker pada usus besar. Selain alpukat ada beberapa makanan lain yang kaya serat seperti oatmeal dan gandum utuh.

2. Ubi jalar
Ubi jalar selama ini mungkin dianggap remeh, namun ternyata kaya akan antioksidan yang bisa menjadi pilihan baik untuk menghalau berbagai sel kanker. Ini karena antioksidan akan mencegah kerusakan oksidatif yang memicu kanker. Beberapa makanan lain yang mengandung antioksidan tinggi adalah bayam, kale, brokoli, dan wortel.

3. Jahe
Jahe mengandung zat anti-peradangan yang baik untuk membunuh sel kanker usus besar. Tambahkan bahan lainnya seperti bawang putih, kunyit, oregano, dan bawang merah untuk meningkatkan efek pembunuh kanker dalam makanan Anda. Jadi jangan lupa memasukkan jahe dalam masakan anda juga. 

4. Yogurt
Minuman Yogurt mengandung probiotik yang merangsang usus dan memberikan asupan bakteri baik untuk menjaga kesehatan lingkungan pada usus besar. Anda juga bisa mengonsumsi acar, cokelat hitam, dan cuka sari apel untuk mendapatkan efek yang sama.

Itulah beberapa makanan untuk mencegah kanker usus besar. Kanker usus besar seringkali terlambat dideteksi karena orang malu untuk memeriksakan diri. Sebelum terlambat, segera periksakan diri Anda dan selalu konsumsi makanan yang sehat.
Previous
Next Post »