Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegah Kanker Hati




Kanker hati saat ini banyak diderita manusia. Kanker ini bisa menyerang siapapun, baik anak-anak maupun orang dewasa. Meskipun kanker hati sering dikaitkan dengan para pecandu alkohol, namun ada banyak hal lain bisa meningkatkan risiko penyakit tersebut. Simak penjelasan selengkapnya tentang kanker hati seperti yang dilansir dari Health Me Up berikut ini.


Kanker hati


Kanker hati ditandai dengan adanya tumor yang disebabkan oleh pertumbuhan sel hati yang tidak normal adalah pemicu dari kanker. Jenis kanker hati yang paling umum bernama hepatocellular carcinoma. Kanker hati yang langka disebut dengan hepatoblastoma dan lebih sering ditemukan pada anak-anak.


Penyebab Kanker Hati

Penyebab dari kanker hati diantaranya adalah sirosis hati atau pengerasan hati, penyakit hepatitis B atau C yang sangat kronis, terkena paparan senyawa beracun aflatoksin, mengidap penyakit glikogen pada anak, dan diabetes.


Gejala Kanker Hati

Sering kanker hati dianggap sepele. Rasa nyeri kerap dianggap sebagai sakit biasa. Namun jika dalam tubuh merasakan ada nyeri di bagian dada dan perut, mual, anemia, nyeri punggung, gatal, penurunan berat badan, penyakit kuning, dan demam tanpa sebab, bisa jadi itu adalah tanda bahwa seseorang positif terkena kanker hati.


Pencegahan

Hepatitis B dan C biasanya paling sering jadi penyebab kanker hati. Oleh sebab itu, kanker hati bisa dicegah dengan cara memberi vaksin pelawan hepatitis pada anak. Selain itu, seperti yang sudah disebutkan, konsumsi alkohol juga perlu dibatasi, selain itu istirahat yang cukup dan juga makan makanan yang bergizi dan mengandung antioksidan demi menurunkan risiko terkena kanker hati.

Itulah berbagai informasi mengenai kanker hati: penyebab, gejala, dan pencegahan. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »